Masyarakat Difabel Minta Dewan Segera Rumuskan Perda Perlindungan Difabel

Jember Hari Ini – Puluhan orang perwakilan penyandang kebutuhan khusus atau difabel, Senin pagi mendatangi kantor DPRD Jember. Mereka mendesak DPRD Jember segera menyusun Peraturan Daerah tentang perlindungan difabel di tahun 2016 mendatang.

Ketua Dewan Pertimbangan Persatuan Penyandang Cacat (PERPENCA) Jember, Asrorul Mais, mengatakan, desakan penyusunan Raperda Perlindungan Difabel sebenarnya sudah disuarakan sejak tahun 2013 lalu. Namun sayangnya hingga saat ini aspirasi tersebut belum bisa direalisasikan. Asrorul menilai, selama ini fasilitas publik di jember belum sepenuhnya ramah terhadap masyarakat difabel. Sehingga seluruh rekan-rekannya yang berkebutuhan khusus, kesulitan mengakses dan menggunakan sejumlah pelayanan publik.

Perwakilan masyarakat difabel ditemui langsung Ketua DPRD Jember, Thoif Zamroni, dan anggota DPRD Jember David Handoko Seto. Di hadapan mereka, Thoif berjanji akan segera merealisasikan Raperda perlindungan masyarakat berkebutuhan khusus. Sebagai bentuk keseriusan DPRD Jember, lanjut Thoif, Raperda perlindungan masyarakat difabel akan masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2016 mendatang.

Dari pantauan di lapangan, setelah menemui perwakilan masyarakat difabel, Thoif Zamroni dan David Handoko Seto diminta merasakan langsung kesulitan penyandang difabel mengakses pelayanan publik dengan menaiki kursi roda. (Win)

(654 views)