Dua Produk Industri Rumah Tangga Jember Rambah Pasar Eropa

AHMAD SUDIONO

Jember Hari Ini – Kripik nangka dan sari buah mengkudu merupakan produk rumahan di Jember yang mulai merambah pasar luar negeri. Demikian terungkap dalam Gelar Produk Unggulan Jember yang digelar Disperindag bersama Politeknik Negeri Jember, Kamis siang.

Kepala Disperindag Jember, Ahmad Sudiono, menjelaskan, produk kripik nangka sudah mulai diekspor ke beberapa negara di Eropa, seperti Belanda dan Perancis. Sedangkan sari buah mengkudu diekspor ke negara Tiongkok. Respon pasar Eropa terhadap kripik nangka tersebut cukup besar. Setiap bulan sedikitnya lima ton kripik nangka dari Jember dikirim ke beberapa negara Eropa. Begitupun untuk sari buah mengkudu yang juga mendapat respon bagus di pasar Tiongkok.

Saat ini, kata Ahmad, pihaknya bersama Politeknik Jember terus memberikan pendampingan kepada industri rumah tangga untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk mereka, agar bisa bersaing dengan produk ekspor lainnya.

Disperindag juga sedang mempersiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi kompetisi perdagangan di era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang akan mulai diberlakukan tahun 2016 mendatang. (Winarno)

(460 views)