Pansus Pilkada Minta Panwaslih Tertibkan Pemasangan Bahan Kampanye

Jember Hari Ini – Wakil Ketua Pansus Pilkada, Ayub Junaidi, mendesak Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bupati dan Wakil Bupati Jember segera tertibkan bahan kampanye paslon yang terpasang di pohon-pohon.

Kepada sejumlah wartawan Ayub menjelaskan, bahan kampanye milik Cabup-Cawabup seharusnya disebarkan kepada seluruh masyarakat. Itu alasannya bahan kampanye dicetak berdasrakan jumlah kepala keluarga. Namun dari pengamatan Ayub, di wilayah segitiga emas yang meliputi Jalan Sultan Agung, Ahmad Yani, dan Trunojoyo sudah banyak bahan kampanye terpasang. Padahal, sesuai Peraturan Bupati, wilayah tersebut seharusnya steril dari bahan maupun Alat Peraga Kampanye. Terlebih, banyak bahan kampanye terpasang di pohon-pohon dengan menggunakan paku atau staples. Padahal, sesuai aturan, pemasangan dengan paku dilarang karena akan merusak pepohonan.

Sementara anggota Panwaslih Kabupaten Jember, Nur Elya Anggraini, menjelaskan, dalam setiap rapat koordinasi dengan tim pemenangan paslon, pihaknya sudah menghimbau agar bahan kampanye disebar sesuai dengan aturan. Di beberapa kecamatan, lanjut Ely, Panwascam sudah melakukan penertiban bahan kampanye yang tidak sesuai ketentuan. Namun meski setelah ditertibkan, ternyata keesokan harinya terpasang kembali. (Winarno)

(454 views)