Alat Peraga Kampanye Paslon Banyak yang Hilang dan Rusak

Jember Hari Ini – Meski masa kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember masih tersisa satu bulan lagi, namun sejumlah Alat Peraga Kampanye, baliho, spanduk, dan umbul-umbul milik pasangan calon banyak yang sudah hilang dan rusak. Bahkan, pantauan di beberapa kecamatan, sudah tidak ada lagi spanduk dan umbul-umbul bergambar pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Rekanan pengerjaan dan pemasangan Alat Peraga Kampanye, Ramlan Zakaria, mengakui banyaknya spanduk kampanye yang rusak akibat diterpa angin kencang. Meski demikian, sebagian diantaranya sudah diganti dengan spanduk yang baru. Bahkan, menurut Ramlan, pemasangan spanduk pengganti itu juga melibatkan PPK dan Panwaslih setempat, serta dilaporkan kepada KPU Kabupaten Jember. Sedangkan untuk umbul-umbul, lanjut Ramlan, sebagian besar bukan rusak, tetapi hilang. Jumlah Alat Peraga Kampanye yang rusak, kata Ramlan, mencapai 30 persen. Sepuluh persen diantaranya harus diganti, sedangkan sisanya cukup perbaikan saja.

Terkait Alat Peraga Kampanye yang hilang, jumlahnya mencapai 50 persen dan bukan menjadi tanggung jawab rekanan untuk mengganti, melainkan menjadi tanggung jawab KPU. Ramlan berharap rekanan tidak selalu menjadi sasaran kesalahan. KPU seharusnya berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat untuk mengantisipasi hilangnya Alat Peraga Kampanye tersebut. (Fathul)

(513 views)