Ketua DPRD Jember Minta Pemkab Kembangkan Puluhan Pulau Tak Bernama

Ketua DPRD Jember beraharap puluhan pulau tanpa nama yang masuk dalam wilayah kabupaten jember segera di beri nama, dan di kembangkan untuk obyek wisata. Diharapkan kedepan puluhan pulau ini mampu menunjang pendapatan asli daerah.

Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni menjelaskan, saat ini diketahui setidaknya terdapat 67 pulau kecil yang masuk di wilayah jember. Dari ke 67 pulau tersebut, 16 pulau diantaranya sudah memiliki nama. Thoif berharap puluhan pulau sisanya bisa segera di beri nama, dan dikuatkan melalui regulasi yang jelas.

Seandainya puluhan pulau ini bisa di kembangkan menjadi obyek wisata lanjut thoif, tentu kedepan akan mampu menjadi salah satu penopang pendapatan asli daerah.

Berdasarkan data badan pusat statistik, jember memiliki 67 pulau dimana 16 pulau diantaranya sudah memiliki nama. Bahkan dari 16 pulau tersebut 3 diantaranya yakni nusa barong, gilen dan leande merupakan kawasan suaka marga satwa.

Sebagian besar pulau yang sudah memiliki nama merupakan kawasan semak belukar dan rerumputan. Sementara 50 pulau lebih lainnya merupakan pulau karang. Meski saat ini semua pulau tersebut tidak berpenghuni, jika dilihat dari sejarah, beberapa pulau diantaranya dulu sempat dihuni oleh manusia.

(508 views)