Kantor Pos Jember Siapkan Distribusi Kartu Perlindungan Sosial

Kantor Pos Besar Jember saat ini tengah menyiapkan proses distribusi hampir 200 ribu kartu, kepada masyakarat miskin di jember sebagai kompensasi kenaikan harga bbm. Masyarakat yang sebelumnya pemegang kartu perlindungan sosial atau kps, secara otomatis akan mendapatkan kartu ini.

Kepala Kantor Pos Besar Jember Wahyudi Azis menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan pendistribusian 3 jenis kartu, yakni kartu indonesia sehat, kartu indonesia pintar dan kartu keluarga sejahtera. Mengenai jadwal pembagian sampai saat ini pt. Pos masih belum bisa memastikan, menunggu kedatangan kartu tersebut dari pusat.

Untuk menukarkan kps dengan ketiga kartu tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain tidak bisa diwakilkan, masyarakat diwajibkan membawa kps dan ktp asli. Pt. Pos tidak akan melayani masyarakat yang hanya menunjukkan keterangan domisili. Sehingga ketika pemegang kps saat ini masih belum memiliki ktp, masih ada waktu untuk mengurusnya di kantor kependudukan.

Kantor Pos Besar Jember masih akan meminta bantuan bupati, agar pembagian ketiga kartu ini nantinya bisa difasilitasi di balai desa. Walaupun dalam instruksi sebenarnya penyerahan uang harus di kantor pos, jember mengambil kebijakan dilakukan di titik terdekat dengan domisili penerima.

Untuk tahap awal wahyudi menjelaskan, akan dibayarkan langsung dua bulan november dan desember senilai 400 ribu rupiah. Wahyudi juga memastikan tidak akan ada potongan sepeserpun dari petugas pos. Sebab beban biaya apapun yang muncul bukan merupakan tanggung jawab penerima. Wahyudi meminta masyarakat melapor ke kantor pos besar jember, jika menemukan ada oknum petugas pt. Pos yang berani menarik pungli.

(445 views)