Pemkab Alokasikan Anggaran Pemilu Kada Senilai Rp 80 Milyar

Pemkab Jember alokasikan anggaran senilai 80 milyar rupiah, untuk kegiatan pemilu kada kabupaten jember 2015 mendatang. anggaran tersebut sesuai dengan usulan kpu kabupaten jember, dengan asumsi pemilu kada berlangsung 2 putaran.

Wakil Ketua Dprd Jember Ayub Junaedi menjelaskan, sesuai dengan paparan tim anggaran pemkab, 80 milyar tersebut bukan hanya untuk kebutuhan kpu, tetapi juga untuk panwaslu dan pihak kemanan. jika untuk kpu sendiri anggaran yang dibutuhkan sekitar 70 milyar rupiah.

Ayub menegaskan, angka tersebut masih merupakan usulan tim anggaran. mengenai berapa anggaran yang akan disetujui, tergantung dalam pembahasan di tingkat komisi. pada prinsipnya dprd sepakat mengalokasikan anggaran pemilu kada langsung, sebagai langkah antisipasi karena memang semua belum tahu seperti apa mekanisme pemilu kada nanti.

Diberitakan beberapa media nasional sebelumnya, dpr ri menetapkan sistem pemilu kada tidak lagi gilakukan secara langsung, tetapi pemilihan dilakukan di parlemen. namun sebelum undang-undang pemilu kada tersebut di undangkan oleh presiden, presiden sby sebelum lengser dari jabatannya mengeluarkan peraturan pemerintah yang isinya pemilu kada tetap dilakukan secara langsung.

Meski demikian peraturan pemerintah itupun juga masih ada di dpr ri, sehingga semua pihak saat ini belum bisa memastikan seperti apa mekanisme pemilukada mendatang. sebagai langkah antisipasi, pemerintah daerah tetap mengalokasikan anggaran pemilu kada langsung. jika ternyata istem pemilu kada ditetapkan tidak langsung, maka anggaran tersebut akan di kembalikan ke kas daerah.

(474 views)