Selama Ramadhan, Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp 1,1 Triliun

Selama bulan ramadhan hingga hari raya idul fitri, Bank Indonesia Perwakilan Jember, menyediakan uang tunai sebanyak Rp 1, 1 Triliun.

Deputi Ekonomi Dan Moneter Bank Indonesia, Dwi Suslamanto mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka tersebut mengalami penurunan. Sebab waktu liburan untuk tahun ini, relatif lebih pendek hanya enam hari, daripada tahun sebelumnya hingga 9 hari.

Selain itu lanjut Suslamanto, konsentrasi permintaan pecahan uang berbeda dengan tahun sebelumnya. Seperti gaji 13 dan tunjangan sertifikasi, tahun sebelumnya dicairkan pada saat bulan ramadhan.

Namun untuk tahun ini kata Suslamanto, dicairkan di awal Bulan Juli. Sehingga untuk permintaan uang tidak terlalu besar seperti tahun lalu. Untuk tahun lalu kenaikannya mencapai 40 persen lebih, namun tahun ini hanya 12 persen.

Lebih lanjut Suslamanto menerangkan, untuk memudahkan masyarakat, terutama di daerah- daerah terpencil yang ingin menukar uang, bank indonesia akan menyiapkan kas- kas keliling. Namun sejauh ini, Suslamanto belum bisa memastikan berapa titik yang akan disiapkan. Sebab pihaknya masih akan melakukan rapat koordinasi internal.

(971 views)
Tag: