Ketua DPRD: Telusuri Isu Anggota Dewan Yang Terlibat Permainan Tambang !

Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf memerintahkan Komisi terkait dan Badan Kehormatan DPRD Jember, untuk menindaklanjuti dugaan adanya beberapa oknum anggota dewan yang ikut bermain dalam usaha pertambangan di Kawasan Gunung Sadeng Kecamatan Puger.

Menurut Saptono, sejauh ini DPRD Jember belum mendapatkan laporan secara resmi dari siapapun, yang bisa memberikan bukti berupa data otentik tentang keterlibatan anggota dewan. Sehingga untuk menelusuri kebenarannya, Pimpinan DPRD meminta Komisi B yang memiliki tupoksi terkait persoalan ini, untuk segera memanggil disperindag selaku skpd yang mengeluarkan ijin.

Jika memang benar lanjut Saptono, baru kemudian Pimpinan DPRD akan mengeluarkan disposisi kepada badan kehormatan untuk menindaklanjutinya,, saptono enggan berandai-andai membicarakan persoalan sangsi, sebab biasanya, ketika badan kehormatan sudah. Menanganinya, nantinya akan muncul rekomendasi dari badan kehormatan terkait penyelesaian persoalan tersebut.

Lebih jauh Saptono menjelaskan, sebenarnya dalam aturan sudah jelas menyebutkan, ketika seseorang sudah menjabat sebagai wakil rakyat di gedung dewan, tidak diperkenankan melakukan usaha yang menyangkut kebijakan pemerintah daerah.

Senada dengan saptono, Wakil Ketua DPRD Jember Miftahul Ulum juga menilai tidak sepatutnya anggota dewan ikut bermain dalam pertambangan. Sebab anggota dewan memiliki 3 fungsi utama, yakni budgeting, legislasi dan controlling. Bagaimana seorang anggota dewan bisa menjadi pengawas jika dia sendiri ikut bermain di dalamnya.

Sebelumnya, sedikitnya 3 orang anggota dewan disinyalir memiliki hak penambangan kapur di Gunung Sadeng Kecamatan Puger. Bahkan salah satu diantaranya disinyalir memiliki ijin penambangan hingga belasan hektar.

(1.104 views)
Tag: