Curi Beras 5 Kilogram, Divonis 3 Bulan Penjara

Gara- gara mencuri beras Lima kilogram, Andi Bambang Setiawan, Warga Jalan Imam Bonjol Kaliwates, divonis bersalah dengan hukuman tiga bulan penjara.

Sebelumnya, Andi didakwa dengan pasal 362 dan 374 dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Namun pada saat tuntutan, jaksa menuntut Andi dengan hukuman lima bulan penjara. Andi dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan, mencuri beras lima kilogram.

Jaksa Penuntut Umum Mulyo Santoso mengatakan, kasus tersebut terjadi sekitar bulan Maret lalu. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Andi Ditahan Di Mapolres Jember. Saat ini ia tetap ditahan di Lapas II A Jember. Total kerugian kasus pencurian tersebut sebesar Rp 45 Ribu.

Penahanan terhadap Andi Bambang Setiawan tersebut, kontra dengan kasus dugaan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan tersangka RD, bos salah satu Perusahaan Otobus (PO) ternama Di Jawa Timur.

RD saat ini tidak ditahan oleh Penyidik Polres Jember, meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka. Padahal ancaman hukuman kasus tersebut sesuai Pasal 55 Undang- Undang Migas, di atas 6 tahun penjara dan denda 60 milyar rupiah.

KBO Satreskrim Polres Jember, Iptu Suhartanto ketika dikonfirmasi membenarkan jika RD tidak ditahan. Ada beberapa pertimbangan katanya, mengapa yang bersangkutan tidak ditahan.

Diantaranya lanjut Suhartanto, RD mengalami sakit. Ini dibuktikan dengan surat keterangan dokter, serta bukti rekam medik yang dikirim ke Penyidik Polres Jember. Selain itu katanya, RD siap kooperatif untuk diperiksa.

Sementara Kuasa Hukum RD, Putut Gunawarman Fitrianta membenarkan jika kliennya mengalami sakit di bagian lengannya. Pasca kecelakaan yang dialami beberapa waktu yang lalu, tangan kliennya sering mengeluh sakit pada saat terkena udara dingin.

Untuk itulah lanjut Putut, dia mengajukan surat kepada Polres Jember, agar kliennya tidak ditahan. Sebab setiap 10 hari sekali, kliennya harus diperiksa oleh dokter. Meski demikian, Putut menjamin jika kliennya akan kooperatif, pada saat dipanggil polisi.

(615 views)
Tag: