Permintaan Dewan Untuk Tolak Pengangkatan PNS Sulit Dilakukan

Pemkab tidak bisa serta-merta melakukan penolakan terhadap pengangkatan tenaga honorer menjadi pns, seperti harapan DPRD Jember. Disatu sisi pemkab butuh tenaga PNS, disisi lain tidak bisa dipungkiri akan makin memberatkan keuangan daerah.

Bupati Jember MZA Djalal ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya sendiri merasa sulit mencari pemecahan dari persoalan ini. Di satu sisi dprd meminta bupati memberikan perhatian terhadap honorer, disisi lain mereka menginginkan pemkab menolak kebijakan pemerintah pusat untuk menolak pengangkatan honorer menjadi PNS.

Sampai saat ini lanjut Djalal, dirinya belum memutuskan akan menolak atau menerima. Sebab meski database yang masuk ke pemerintah pusat sekitar 4 ribu tenaga honorer, berapa kuota yang diberikan kepada Jember juga belum jelas. Jika nanti kuota yang diberikan sesuai dengan kebutuhan, menurut jalal tidak perlu ada penolakan.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf ketika dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, pemerintah kabupaten dan kota tidak harus melaksanakan pengangkatan PNS seperti yang diputuskan pemerintah pusat. Sebab pengangkatan PNS harus disesuaikan dengan kebutuhan, bersamaan dengan jumlah PNS yang pension.

Tetapi penolakan tersebut tentu saja harus dilakukan sesuai dengan prosedur, dengan di dahului usulan kepada pemerintah pusat secara tertulis, dengan disertai alasan-alasan yang bisa dipertanggung jawabkan. Jika mekanisme ini dilakukan Gus Ipul yakin tidak akan ada persoalan.

(665 views)
Tag: