Plat Merah Mobil Dinas Diganti Plat Hitam

Seluruh fasilitas mobil dinas yang digunakan pejabat Pemkab Jember, yang semula plat nomer polisinya berwarna merah, diganti warna hitam. Kebijakan ini diambil, menyusul terjadinya pengrusakan fasilitas mobil dinas di sejumlah daerah, oleh pengunjuk rasa yang menolak rencana kenaikan harga bbm.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Sugiarto ketika dikonfirmasi membenarkan penggantian plat tersebut. Kebijakan itu katanya, telah mendapat ijin dari Kapolres Jember. Meski demikian, penggantian plat tersebut sifatnya hanya sementara, hingga tanggal 3 April mendatang.

Menurut Sugiarto, jika sampai terjadi pengrusakan mobil dinas seperti di beberapa daerah, tentu akan merugikan masyarakat sendiri. Sebab dana untuk pembelian mobil dinas itu, diambilkan dari apbd yang notabene adalah uang rakyat.

Sugiarto menepis, kebijakan penggantian plat nomer tersebut, untuk menyiasati adanya desakan efisiensi anggaran, perjalanan dengan kendaraan dinas. Justru kata dia, saat ini pemkab sedang memberlakukan kebijakan efisiensi perjalanan dinas.

Lebih lanjut Sugiarto menjelaskan, jumlah aset Mobil Dinas Pemkab Jember, kurang lebih 100 unit. Jumlah itu tersebar di seluruh skpd hingga kecamatan. Sugiarto juga menghimbau kepada seluruh pejabat, agar tidak menyalahgunakan kebijakan ini.

(722 views)
Tag: