Kadispendik Bingung Atasi Fenomena Pernikahan Usia Dini

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Jember Bambang Hariono, tidak bisa menjawab bagaimana mengantisipasi fenomena siswa yang urung ikut ujian nasional karena budaya menikah usia dini yang kerap terjadi di Jember.

Saat ditanya wartawan usai hearing dengan Komisi D DPRD Jember Rabu siang, bambang justru balik bertanya kepada wartawan bagaimana masukan dari wartawan untuk mengatasi fenomena tersebut.

Fenomena siswa gagal ikut ujian nasional karena dikawinkan sudah lazim terjadi di Kabupaten Jember. Bahkan persoalan ini sempat menjadi perhatian serius Kepala Dinas Pendidikan sebelumnya. Anggota Komisi D Abdul Ghofur kembali mengingatkan agar dinas pendidikan mencari formula yang bagus untuk membatasi menikah sebelum ujian nasional. Bahkan menurut Ghofur, di beberapa daerah ada kebiajakan siswa yang terlanjur hamil sekalipun masih diijinkan ikut ujian nasional.

Ujian nasional untuk untuk SMA dan sederajat akan dilaksanakan 16 April mendatang. Ujian nasional untuk SMP dan sederajat dilaksanakan tanggal 23 April, dan ujian untuk SD sederajat dilaksanakan tanggal 7 mei 2012. Sementara pengumuman hasil ujian SD tanggal 4 Juni, SMP pada 2 Juni dan SMA pada 26 Mei 2012.

(624 views)
Tag: