PWI Sayangkan Sikap Komisi B Yang Sering Lakukan Hearing Tertutup Dengan Kepala SKPD

Sejumlah wartawan yang bertugas di DPRD Jember, berencana melakukan aksi boikot pemberitaan Komisi B DPRD Jember. Sebab Komisi B dinilai sering kali melakukan hearing tertutup dengan skpd, meski persoalan yang dibahas bukan persoalan yang patut dirahasiakan.

Ketua PWI Perwakilan Jember Effendi menyayangkan sikap Komisi B yang sangat bertolak belakang dengan komisi lain di DPRD Jember. Menurut Effendi, wartawan bisa memahami dan menghormati keputusan hearing tertutup, jika memang persoalan yang dibahas bersifat sangat rahasia. Tetapi yang menjadi keluhan hampir semua hearing di Komisi B dilakukan tertutup.

Dewan lanjut Effendi, bekerja atas nama rakyat,, sudah sepantasnya rakyat tahu apa yang dilakukan wakilnya di gedung dewan. Tetapi jika semua kegiatan dilakukan tertutup, menjadi pertanyaan besar apa sebenarnya yang dilakukan Anggota Komisi B. Jika memang pro terhadap rakyat, kenapa kemudian rakyat tidak boleh tahu apa yang mereka rencanakan.

Senin siang, Komisi B DPRD Jember kembali melakukan hearing tertutup dengan Kepala Disperindag Jember Ahmad Sudiono,, hearing pertama dilakukan terbuka dengan topik pembicaraan persoalan jember outlet yang terletak di jubung.

Komisi B mempertanyakan efektifitas jember outlet, yang telah menghabiskan anggaran Rp 2 Milyar lebih. Sebab menurut keterngan pihak perhutani sebagai pemilik tempat, meski sudah berjalan 2 tahun, perhutani belum mendapat sharing apapun dari disperindag. Usah membahas persoalan tersebut, hearing dilanjutkan kembali masih dengan Kepala Disperindag.

Namun anehnya, Ketua Komisi B meminta wartawan yang ada diruangan tersebut keluar karena hearing akan dilakukan secara tertutup. Tidak jelas alasan Komisi B melakukan hearing tertutup, padahal sebelumnya sudah dilakukan secara terbuka.

(466 views)
Tag: