Kenaikan BBM Tidak Pengaruhi Keberadaan Bank Gakin

Lembaga Keuangan Mikro Masyarakat (LKMM) yang di Jember lebih di kenal dengan sebutan bank gakin, tidak terpengaruh kenaikan harga BBM. Meski pemerintah berencana menaikkan Harga BBM Awal April mendatang, Kepala Dinas Koperasi Mirfano optimis bank gakin akan mampu bertahan.

Kepada sejumlah wartawan Mirfano menjelaskan, sejak awal dibentuk tahun 2006 lalu hingga saat ini mencapai 300 lembaga, tercatat hanya ada 2 lembaga yang gulung tikar. Itupun bukan karena pengaruh kenaikan Harga BBM, tetapi karena pengurus yang tidak amanah.

Menurut Mirfano mampu bertahannya bank gakin di jember merupakan bentuk keberhasilan pengusaha mikro, menyesuaikan diri dengan kenaikan Harga BBM yang sudah terjadi beberapa kali. Pengusaha mikro lebih mampu beradaptasi dengan kenaikan harga bbm, karena memang pangsa pasar mereka local.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jember setiap tahun memberikan stimulan Rp 25 Juta Per LKMM. Untuk tahun ini, dana yang dikucurkan dari APBD Kabupaten Jember  ini akan diberikan kepada 80 LKMM yang baru dibentuk di 80 dusun. Sehingga total anggaran yang dikucurkan senilai 2 milyar rupiah. Jika progam bantuan stimulan ini dilanjutkan terus setiap tahun, Mirfano optimis 7 tahun kedepan seluruh dusun di Kabupaten Jember sudah memiliki bank gakin.

(606 views)
Tag: