11 Kecamatan Rawan Banjir Bandang

Sedikitnya 11 Kecamatan Di Kabupaten Jember masuk daerah rawan banjir bandang. Hal ini terungkap dalam hearing antara Komisi D DPRD Jember, satlak penanggulangan bencana dan perhutani.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Bakesbangpol Linmas, Widi Prasetyo mengatakan, 11 kecamatan tersebut masuk daerah aliran sungai besar seperti sungai kalijompo dan mayang. 11 kecamatan itu diantaranya, Panti, Sukorambi, Rambpuji, Balung, Silo, Mayang, Tempurejo,  Jenggawah, Sumberbaru, Kencong Dan Jombang.

Untuk itu kata Widi, bagi masyarakat khususnya yang ada di daerah aliran sungai tersebut untuk selalu waspada. Dengan kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini, banjir bandang bisa terjadi kapan saja.

Pemkab lanjut Widi, telah meminta kepada camat dan Kepala Desa Di Seluruh Jember, untuk bersiaga penuh. Jika di daerahnya terjadi bencana, maka secepatnya berkoordinasi dengan satlak kabupaten.

Widi menambahkan, selain banjir bandang, bencana tanah longsor dan angin puting beliung, juga mengancam beberapa wilayah di Jember. Seperti di daerah rembangan, panti, dan rambpuji.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi meminta kepada satlak penanggulangan bencana, untuk memberikan penanganan terbaik kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam. Ayub tidak ingin ada keluhan dari masyarakat, terkait penanganan bencana di Jember. Sebab dari sisi anggaran, pemkab telah mengalokasikan cukup besar.

(924 views)
Tag: