PAW Gerindra Maju Mundur

Untuk kesekian kalinya DPC Gerindra Jember mencabut surat usulan Pergantian Antar Waktu, terhadap salah satu legislatornya Sumpono. Surat pencabutan usulan PAW gerindra diterima KPU Kabupaten Jember Rabu siang.

Ketua KPU Kabupaten Jember Catty Tri Setyorini ketika dikonfirmasi per telfon mengatakan, dirinya Rabu siang menerima surat dari DPC Gerindra Jember, yang menyatakan usulan PAW terhadap Sumpono dicabut kembali dengan 5 alasan. Salah satunya atas petunjuk DPP Gerindra, agar seluruh DPC mempertimbangkan nama baik partai dalam rangka menghadapi Pemilu 2014 mendatang.

Menurut Catty, terkesan main-mainnya usulan PAW Gerindra bisa menjadi pelajaran bagi partai-partai lainnya, untuk lebih berhati-hati sebelum mengusulkan PAW. Sebab usulan PAW bukan persoalan main-main, karena bukan hanya berkaitan dengan caleg, KPU dan DPRD tetapi juga terkait dengan konstituen.

Seharusnya lanjut Catty, partai politik perlu didampingi oleh ahli tata negara dan ahli hokum, sehingga tidak salah langkah ketika akan melakukan sesuatu. Contoh paling kongkrit soal Gerindra, yang mungkin atas dasar pertimbangan tersebut terjadi tarik ulur.

Diberitakan sebelumnya, DPP Gerindra menginstruksikan kepada DPC untuk melakukan PAW terhadap Sumpono, atas dasar kesepakatan dengan caleg nomor urut dibawahnya yang dimediasi oleh DPP. Usulan tersebut sempat ditarik oleh DPC, kemudian pertengahan desember lalu diajukan lagi. Namun Rabu siang kembali usulan tersebut dicabut.

 

(828 views)
Tag: