Sekretariat DPRD Jember Nekat Realisasikan Pengadaan PC Tablet Untuk Anggota Dewan

Meski banyak mendapat protes dari berbagai elemen masyarakat, Sekretariat DPRD Jember ternyata terus melanjutkan pemberian fasilitas PC Tablet kepada anggota dewan. Mulai 2 hari lalu Sekretariat DPRD Jember sudah membagikan PC Tablet tersebut kepada anggota dewan.

Salah Satu Anggota Komisi D DPRD Jember Abdul Ghofur mengatakan, PC Tablet memang merupakan sesuatu yang masih sangat asing baginya. Tetapi Ghofur akan berupaya menguasai pengoperasian PC Tablet, dengan banyak bertanya kepada anggota dewan lain yang sudah bisa mengoperasikannya.

Ghofur berpendapat, bisa jadi dengan adanya failitas PC Tablet meski hanya berstatus pinjaman selama menjadi anggota dewan, akan mengurangi dilakukannya biaya perjalanan kunjungan kerja. Apapun termasuk undang-undang yang dibutuhkan bisa langsung dicari melalui PC Tablet tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Anggota Komisi A DPRD Jember Sucipto membenarkan pembahasan pengadaan PC Tablet untuk anggota dewan dilakukan oleh Komisi A, sebagai Mitra Kerja Sekretariat DPRD Jember. PC Tablet menurut Sucipto dirasa perlu di berikan untuk mendukung kinerja DPRD Jember dalam melayani masyarakat. Anggaran yang disediakan sekitar 500 Juta Rupiah tetapi berapa yang terserap tentu menunggu hasil lelang.

Sementara Pengamat Politik Universitas Jember Sutomo menilai, Fasilitas PC Tablet bagi anggota dewan hanya untuk meningkatkan status social, sehingga anggota dewan nampak berada di atas masyarakat rata-rata. Jika beralasan untuk akses informasi internet lebih cepat, sebenarnya masih banyak potensi di dalam gedung dewan yang masih bisa disinergikan secara maksimal.

Seluruh komisi memiliki pendamping dan perangkat komputer yang terkoneksi dengan internet. pendamping bisa mendownload apapun informasi yang dibutuhkan anggota dewan tanpa harus memberikan fasilitas PC Tablet.

Belajar dari pengalaman pengadaan laptop oleh DPRD Jember periode lalu, terbukti laptop hanya meningkatkan status sosial tetapi tidak berfungsi maksimal. Sangat jarang anggota dewan datang ke kantor dengan membawa laptop. Bahkan bisa jadi untuk mengoperasikannya saja mereka juga masih belum mampu.

(1.110 views)
Tag: