Dana BOS Kabupaten Jember Tahun 2012 Naik 40 Persen

Tahun 2012 dipastikan Dana BOS yang akan diberikan ke daerah mengalami peningkatan hingga 40 persen. Sehingga untuk Kabupaten Jember Dana BOS yang diterima dari Rp 129 Milyar, menjadi Rp 180 Milyar lebih per tahun.

Dengan penambahan alokasi dana BOS ini, berarti tiap Siswa SD yang dulunya mendapat bantuan Rp 397 Ribu per siswa per tahun, naik menjadi RP 580 Ribu per siswa pertahun. Sedangkan untuk Siswa SMP dari Rp 575 RIbu per siswa per tahun, naik menjadi Rp 710 Ribu per siswa per tahaun.

Anggota Komisi D DRPD Jember Syahroni menjelaskan, meski terdapat kenaikan 40 persen, kabarnya dalam pelaksanaannya untuk penggunaannya akan diperketat. Pada bagian mana yang diperketat syahroni masih belum bisa memastikan, karena sampai saat ini aturan tersebut masih dalam pembahasan di kementerian pendidikan.

Selain kenaikan dana BOS, yang diinginkan sebenarnya penerima bantuan bukan hanya siswa SD dan SMP. Tetapi siswa sma dan smk juga mendapatkan dana BOS. Jika tahun 2011 merupakan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, sekarang sudah saatnya wajib belajar pendidikan menengah. Sehingga siswa SMA dan SMK pun juga mendapatkan bantuan. Jika diawal tahun anggaran masih belum bisa dialokasikan, Ayong berharap bisa dialokasikan dalam perubahan anggaran.

(1.150 views)
Tag: