SKPD Sering Kambing Hitamkan Pj Bupati

Kepala SKPD sering kali mengkambinghitamkan pj bupati dalam kelambatan pencairan anggaran. Demikian disampaikan Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf kepada sejumlah wartawan.

Menurut Saptono, dirinya sering kali diminta oleh anggota dewan di komisi, untuk mengkros cek pernyataan sejumlah kepada skpd kepada Pj Bupati, umumnya ketika komisi mempertanyakan persoalan terkait pencairan anggaran kepada kepala SKPD.

Saptono membantah jika dikatakan terjadi kebuntuan komunikasi antara Pj Bupati dengan kepala SKPD Sebab Pj Bupati selalu memanggil Kepala SKPD untuk mempertanyakan sejauh mana penyerapan anggaran yang sudah dijalankan. Hanya saja mungkin cara menghormati seoratng pimpinan yang berbeda. Kepala SKPD memandang sebelah mata kepada Pj Bupati, sehingga cara menghormatinyapun berbeda dengan menghormati bupati definitive.

Lebih jauh Saptono menjelaskan, sesuai aturan, untuk pencairan anggaran dibawah 10 juta tidak harus melalui Pj Bupati, tetapi bisa langsung ditandatangani oleh Sekkab. Tetapi kepada masyarakat Kepala SKPD selalu beralasan Pj Bupati yang menolak tanda tangan pencaiaran. Untuk pencairan bantuan mushola dan masjid misalnya, selalu alasan yang disampaikan kepada masyarakat karena Pj Bupati tidak bersedia tandatangan. Padahal kondisi sebenarnya menurut Saptono tidak demikian.

 

(881 views)
Tag: