Awal Desember DPC PKB Buka Penjaringan Bakal Caleg

Meski Pemilihan Legislatif (Pileg) masih dilaksanakan 2014 mendatang, DPP PKB sudah menginstruksikan kepada DPC untuk segera melakukan penjaringan bakal calon anggota legislative. DPC PKB Jember sendiri akan mulai melakukan penjaringan bakal caleg awal desember mendatang.

Ketua DPC PKB Jember Miftahul Ulum menjelaskan, jika sebelumnya PKB hanya memberangkatkan kadernya sendiri, kali ini PKB juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mencalonkan diri. Karena itu Ulum juga meninstruksikan kepada pengurus anak cabang, untuk melakukan pendataan nama tokoh masyarakat di kecamatannya masing-masing.

Penjaringan bakal Caleg ini Menurut Ulum sekaligus untuk mengukur kesiapan pkb dalam pemilu 2014 mendatang. Panjangnya rentan waktu yang ada, diharapkan mampu digunakan secara maksimal oleh para bakal caleg, untuk melakukan pendekatan sosial kepada konstituennya sejak dini. PKB akan membuka kesempatan kepada professional, pengusaha, akademisi bahkan warga masyarakat biasa untuk menjadi bakal Caleg PKB.

Keputusan DPP PKB melakukan penjaringan bakal caleg jauh hari sebelumnya, sebenarnya merupakan upaya mengembalikan kejayaan PKB dalam Pemilu 2004 lalu. Saat itu PKB berhasil sebgai partai pemenang pemilu, dan mendudukkan 17 orang wakilnya di DPRD Jember. Tetapi kemudian terjadi kemerosotan dalam Pemilu 2009, PKB hanya mampu mendudukkan 6 orang wakilnya di dprd.

Meski PKB membuka peluang bagi masyarakat umum, Ulum memastikan proses pencalegkan akan dilakukan secara fair. Sesuai keputusan DPP PKB, DPC PKB Jember juga akan mendukung sistem caleg terpilih dengan suara terbanyak. Sehingga mungkin saja pengurus partai sendiri bisa kalah dalam pemilihan dengan masyarakat umum.

(939 views)
Tags: