Dispenduk Kerahkan Seluruh Kades Untuk Percepat Pengurusan KK Nasional

Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil kerahkan seluruh kepada desa, untuk mempercepat pengurusan kartu keluarga nasional. Sebab hingga saat ini baru 45 persen Keluarga Di Jember yang sudah mengurus KK nasional.

Plt Dispenduk Capil Jember Isman Sutomo mengatakan, KK nasional merupakan dasar pembuatan E KTP. Padahal E-KTP akan dimulai awal 2012 mendatang, sementara hingga saat ini baru 45 persen keluarga di jember yang sudah memiliki KK Nasional.

Karena itu untuk memudahkan masyarakat sekaligus mengingatkan agar segera mengurus KK Nasional sebelum desember mendatang, seluruh kepada desa diminta turun langsung kepada warganya dengan membawa f-101, atau formulir pengajuan pembuatan kk nasional. Diharapkan dengan cara ini kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya makin meningkat, tidak selalu mengurus ketika saat dibutuhkan saja.

Lebih jauh Isman menerangkan, saat ini Dispendukcapil Jember sudah siap menjalankan Progam E-KTP, yang rencananya akan dimulai awal 2012 mendatang. Semua persyaratan sudah dipenuhi, mulai dari peraturan daerah hingga pembuatan sistem informasi administrasi kependudukan.

Ketika disinggung banyaknya keluahan masyarakat tentang mahalnya tarif pengurusan KK dan KTP dengan tegas isman membantahnya. Biaya administrasi pengurusan Kk atau KTP hanya 10 ribu rupiah. Jika diluar kemudian ada yang membayar sampai ratusan ribu rupiah itu ulah oknum, dengan iming-iming atau janji dipermudah ataupun dipercepat. Yang pasti di Dispenduk menurut Isman hanya 10 ribu rupiah sesuai ketetapan perda.

(857 views)
Tags: