Tidak Cairnya Dana BOS Sekolah Swasta Karena Belum Menyelesaikan Spj

Sekolah Negeri dipastikan seluruhnya sudah mencairkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Akhir Bulan September mendatang. Sementara untuk sekolah swasta,  masih terkendala surat pertanggung jawaban penggunaan dana BOS sebelumnya di lembaga masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Jember Ahmad Sudiono mengatakan, agar tidak terjadi kendala dalam pencairan dana BOS tahun mendatang, bagi sekolah swasta yang sudah menyelesaikan Spj-nya diharapkan bisa segera memverifikasikannya ke dinas pendidikan.

Sebab lanjut Ahmad, jika Spj penggunaan dana BOS tahun lalu belum di verifikasi oleh dinas pendidikan, Bagian Keuangan Pemkab Jember juga tidak akan menairkan dana BOS untuk berikutnya. Ketika disinggung kemungkinan adanya kendala dalam peyusunan BOS, Ahmad dengan tegas menampiknya. Jika sekolah negeri bisa membuat Spj, seharusnya sekolah swasta juga bisa.

Lebih jauh Ahmad menerangkan, dinas pendidikan tidak pernah membeda-bedakan antara sekolah swasta dan sekolah negeri. Meskipun sekolah negeri jika belum menyelesaikan Spj tentu saja ditolak pencairannya oleh bagian keuangan. Yang terjadi saat ini menurut Ahmad, sekolah negeri lebih tertib administrasi sehingga hanya sekolah swasta  yang kebanyakan belum menyelesaikan Spj-nya.

(825 views)
Tag: