Bakesbangpol Jember Rekomendasikan 4 Partai Baru

Bakesbangpol Linmas Jember merekomendasikan 4 partai baru untuk menjalani verifikasi parpol yang akan dilakukan oleh Departemen Hukum Dan HAM. Dengan demikian Di Jember terdaftar 18 partai politik yang akan mengikuti pemilu, dimana 14 diantaranya merupakan partai politik lama.

Kepala Bakesbangpol Linmas Edi B Susilo menjelaskan, 4 parpol baru yang mendapat rekomendasi dari bakesbang karena sudah memenuhi syarat. Diantaranya Partai Nasdem dengan Ketua Mantan Anggota KPUD Jember, Mohammad Eksan, Partai  Nasional Republik yang diketuai Mantan Ketua DPC PPP, Ali Wafa, Partai Serikat Rakyat Independen dengan Ketua Supandi Riambono serta Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara dengan Ketua Mantan Bendahara PKB Ubaidilah.

Proses pendaftaran partai baru lanjut Edi, sudah berakhir tanggal 22 agustus lalu. Sehingga sudah tertutup kemungkinan adanya partai baru selain 4 partai yang sudah direkomendasikan bakesbang. Saat ini, Departemen Hukum Dan HAM akan melakukan verifikasi secara nasional untuk menentukan apakah partai baru tersebut layak sebagai peserta pemilu 2014 mendatang atau tidak.

Sebelumnya dalam undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik, seluruh partai baik lama ataupun baru calon peserta pemilu wajib melakukan pendaftaran ulang. Namun dengan adanya gugatan yudisial review, Mahkamah Konstitusi memutuskan hanya partai baru yang wajib mendaftarkan diri. Sementara partai lama peserta pemilu 2009, otomatis sebagai peserta pemilu 2014 hanya tinggal mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum.

(926 views)
Tag: