9 Daerah Di Jawa Timur Alami Kekeringan

Musim kemarau yang terjadi pada tahun 2011, membuat sejumlah daerah mengalami kekeringan. Data di Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Timur menyebutkan, ada sembilan kabupaten kota yang mengalami kekeringan.  

Sekretaris PMI Jawa Timur, Joni Irianto kepada sejumlah wartawan menjelaskan, sembilan daerah tersebut diantaranya, Gresik, Lumajang, Probolinggo, Nganjuk, Ponorogo, Bojonegoro, Sumenep, dan Kabupaten Kediri.

PMI Provinsi Jawa Timur kata Joni, telah mengirimkan empat tangki air bersih ke empat daerah, yakni Nganjuk, Lumajang, Ponorogo dan Bojonegero. Sedangkan untuk daerah lain, pihaknya masih mengajukan tambahan kendaraan operasinal ke PMI pusat.

Joni menambahkan, berdasarkan data yang masuk, kekeringan di masing- masing daerah berbeda. Mayoritas kekeringan terjadi hanya di dua hingga empat kecamatan. Dan paling banyak dikeluhkan masyarakat adalah ketersediaan air bersih untuk keperluan sehari –hari.

Lebih lanjut Joni menerangkan, untuk mengantisipasi meluasnya kekeringan di Jawa Timur, pihaknya telah meminta tambahan kendaraan operasional air bersih. Sebab PMI Jawa Timur hanya memiliki empat kendaraan saja.

(1,010 views)
Tags: