APTRI Akan Laporkan 3 Departemen Ke KPK

Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) siap ajukan gugatan terhadap 3 departemen pengambil kebijakan import gula melalui Mabes Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Demikian disampaikan Ketua APTRI Asrum Sabil kepada sejumlah wartawan.

Arum menjelaskan, yang melatar belakangi akan diajukannya gugatan karena APTRI melihat adanya indikasi kuat terjadi konspirasi antara departemen pertanian, departemen perindustrian dan badan koordinasi penanaman modal terkait kebijakan import gula.

Sesuai keputusan presiden gula merupakan salah satu barang yang diawasi. Sehingga ketika diduga terjadi penyelewengan, siapapun bisa melaporkannya kepada polisi. Selain itu pemerintah membebaskan bea masuk impor gula senilai 1,7 Trilyun Rupiah. Artinya atas kebijakan ini ada potensi kerugian negara yang ditimbulkan, sehingga APTRI juga akan melaporkannya ke KPK.

Saat ini arum sedang mencari pengacara yang siap menjadi penasehat hukum bagi petani tebu. Diharapkan usai lebaran nanti semua persyaratan dan data yang dibutuhkan untuk mengajukan laporan sudah bisa diselesaikan, agar laporan ke Mabes Polri dan KPK bisa segera dilakukan.

(828 views)
Tags: