Muharto Dan Ghozi Divonis Bebas

Mantan Kepala Bulog Jawa Timur, Muharto dan salah seorang rekanan, Mohammad Ghozi, yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi Pengadaan Tanah Bulog Jember, Senin siang, divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Pri Utomo menyatakan, jika keduanya tidak terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi, sebagaimana dakwaan jaksaaan penuntut umum.

Hakim Anggota R Hendral kepada sejumlah wartawan menjelaskan kasus pengadaan tanah bulog, sebenarnya telah disidangkan melalui sidang perdata dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap melalui perdamaian. Untuk itulah lanjut Hendral, majelis hakim mengembalikan kasus pengadaan tanah bulog kepada putusan perdata tahun 1977 dan 1979.

Usai siding, Muharto kepada wartawan mengaku bersyukur atas vonis bebas tersebut. Menurutnya, apa yang diputuskan hakim telah sesuai dengan fakta hukum dan hati nurani. Karena sejak awal, kasus pengadaan tanah bulog telalu dipaksakan oleh kejaksaan.

Sementara itu, Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum, Kliwon Sugiyanta mengatakan, atas putusan tersebut pihaknya akan menempuh langkah hukum selanjutnya, yakni mengajukan kasasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Muharto Dan Ghozi menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah Bulog Jember. Oleh Jaksa Penuntut Umum, Muharto dituntut 1 tahun 8 bulan penjara denda 50 juta rupiah subsider 3 bulan penjara. Sedangkan Ghozi dituntut 4 tahun penjara denda 200 juta rupiah subsider 3 bulan kurungan dan diwajibkan membayar kerugian negara sebesar 2 miliar lebih subsider 6 bulan kurungan penjara.

(934 views)
Tag: