Ketua DPRD Digoyang Isu Suap Menjelang Mutasi Pejabat

Seiring adanya rencana Pj Bupati melakukan mutasi pejabat untuk mengisi kekosongan jabatan, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf menerima sejumlah uang, dari beberapa pejabat tertentu.

Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf ketika dikonfirmasi dengan tegas membantah tudingan tersebut. Menurut Saptono, dirinya sangat paham betul kapasitasnya sebagai Ketua DPRD. Tidak ada kewenangan bagi legislatif untuk ikut campur dalam penempatan pejabat pemkab. Hanya saja memang Pj Bupati sempat meyampaikan, khusus untuk penempatan Sekretaris DPRD harus melalui persetujuan anggota dewan.

Saptono tidak membantah adanya sejumlah pejabat yang berupaya mendekatinya. Tetapi permintaan untuk bertemu sekedar silaturahmipun dengan terpaksa harus ditolaknya. Rata-rata yang mendekati saptono merupakan pejabat lama yang takut posisinya di geser dari jabatan yang saat ini dipegangnya.

Lebih jauh Saptono menjelaskan, semangat yang didorong DPRD Jember agar Pj Bupati segera mengisi jabatan yang kosong. Bukan untuk melakukan mutasi atau pergeseran pejabat. Terakhir Saptono berkoordinasi dengan Pj Bupati, ijin dari Gubernur belum turun. Diperkirakan minggu-minggu ini ijin tersebut baru akan turun. Saptono memperkirakan setelah lebaran nanti, Pj Bupati baru akan mengisi jabatan kosong tersebut.

Sementara isu yang berkembang diluar menyebutkan, sejumlah pejabat termasuk salah satu pejabat dilingkungan dinas pendidikan, memberikan sejumlah uang kepada saptono untuk menempati jabatan kepala dinas.

(848 views)
Tags: