Pj Bupati Ijinkan Pejabat Pakai Mobil Dinas Untuk Mudik Lebaran

Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih meminta maaf kepada masyarakat luas, jika kebijakannya mengijinkan pejabat pemkab menggunakan kendaraan dinasnya untuk mudik lebaran menyakiti hati masyarakat. Sebab jika tidak dibawa justru resiko akan semakin besar.

Kepada sejumlah wartawan Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih menjelaskan, sejauh ini belum ada aturan yang tegas menyebutkan larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik. Hanya saja dengan pertimbangan keamanan, jauh lebih aman jika mobil dinas dibawa mudik dari pada ditinggal dirumah tanpa penjagaan.

Meski demikian secara tegas Zarkasih melarang seluruh pejabat menggunakan anggaran dinas untuk kepentingan tersebut. Biaya bahan baker, ganti oli dan perawatan saat mudik menjadi tanggungan pribadi masing-masing. Memang ada penyusutan aset negara ketika kendaraan dinas di bawa mudik, tetapi aset negara justru akan terhapus jika kendaraan dinas hilang karena ditinggal mudik.

Senada dengan Zarkasih, Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf juga sepakat jika pejabat pemkab diijinkan membawa mobil dinas saat mudik lebaran mendatang. Sebelum lebaran tahun lalu saptono mengaku juga berkoordinasi dengan Bupati Non Aktif MZA Djalal terkait persoalan ini.

Alasan bupati mengijinkan menggunakan kendaraan dinas kepada para pejabat juga karena pertimbangan keamanan. Jika tidak dibawa pulang lanjut Saptono, tidak mungkin ribuan kendaraan dinas akan ditumpuk di kantor pemkab. Sementara jika ditinggal dirumah masing-masing tidak ada jaminan keamanan.

(744 views)