Stock Darah Dipastikan Cukup Hingga Pertengahan Ramadhan

Meski terjadi penurunan drastis jumlah pendonor, stock darah di Unit Donor Darah Jember diperkirakan masih cukup hingga pertengahan ramadhan mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan hingga lebaran mendatang, diharapkan pendonor aktif yang sudah masuk waktunya segera mendonorkan darahnya.

Direktur Unit Donor Darah Jember Dudung Hari Rusli mengatakan, setiap tahun di bulan ramadhan terjadi tren penurunan jumlah pendonor. Tetapi stock darah yang dibutuhkan rumah sakit juga cenderung berkurang. Sehingga stock yang tersedia diperkirakan masih bisa memenuhi kebutuhan.

Untuk saat ini lanjut Dudung, pihaknya memiliki sekitar 600 kantong darah, yang diperoleh dari hasil pelaksanaan acara donor darah sebelum masuk bulan ramadhan. Untuk menambah stock darah, pertengahan ramadhan nanti akan dilakukan kegiatan donor darah luar gedung dengan mengaktifkan mobil donor darah keliling ke kampung-kampung.

Lebih jauh Dudung menjelaskan, mobil donor darah ini nantinya akan mendekati tempat tinggal pendonor aktif seusai sholat tarawih, sehingga pendonor tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor unit donor darah. Bahkan untuk menarik partisipasi masyarakat, unit donor darah akan memberikan souvenir khusus bagi pendonor darah.

(790 views)