Pj Bupati Evaluasi Kompetensi Pejabat Sebelum Menggulirkan Gerbong Mutasi

Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih saat ini sedang melakukan evaluasi untuk melihat kompentensi PNS, untuk pengisian sedikitnya 107 jabatan kosong di Lingkungan Pemkab Jember. Demikian disampaikan Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih kepada sejumlah wartawan.

Zarkasih mengakui kekososngan jabatan di lingkungan pemkab jember tergolong sangat banyak. Meski demikian Zarkasih mengaku ingin bekerja secara professional, tidak sekedar menempatkan pejabat atas dasar like and dislike. Untuk itu zarkasih meminta semua pihak untuk bersabar karena diinya harus mempertimbangkan kompetensi calon pengisi jabatan kosong tersebut.

Idealnya lanjut Zarkasih, untuk menempatkan seorang PNS dalam jabatan tertentu harus melalui uji kompetensi dan psikologi. Tetapi karena terbentur persoalan anggaran, maka uji kompetensi tersebut tidak mungkin bisa dilakukan. Sehingga yang bisa dilakukan hanya mempertimbangkan kompetensi PNS oleh pejabat yang berwenang.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tokoh masyarakat dan Anggota DPRD Jember mendesak pj bupati segera menggulirkan gerbong mutasi untuk mengisi jabatan yang kosong dilingkungan Pemkab Jember. Sebab dari hasil pengamatan dewan, kepala skpd yang hanya diduduki oleh seorang plt, terbukti tidak mampu mengelola anggaran secara maksimal karena terlalu berhati-hati.

Bahkan Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf sempat mengatakan, bahwa minimnya penyerapan anggaran di Kabupaten Jember tahun ini, selain karena keterlambatan penetapan apbd, juga akibat banyaknya jabatan yang hanya diisi oleh seorang pelaksana tehnis bukan oleh pejabat definitive.

(882 views)
Tags: