Batu Kenong Sering Jadi Incaran Pencuri

Dari sekian banyak benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Jember, batu kenong merupakan benda yang paling rawan dicuri. Demikian disampaikan Koordinator Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Kementerian Budaya Dan Pariwisata, Didik  Purbandriyo.

Menurut Didik, biasanya batu kenong dijual ke daerah Bali untuk kemudian dijual ke Pasar Eropa Dan Australia. Berdasarkan informasi yang ia terima, harga satu batu kenong bisa mencapai 10 hingga 15 juta rupiah.

Di kabupaten jember lanjut Didik, ditemukan hampir 300 lebih batu kenong, yang tersebar di beberapa daerah, seperti Sukowono, Arjasa Dan Sumberbaru.

Lebih lanjut didik menerangkan, saat ini pihaknya terus menggencerkan sosialisasi kepada masyarakat, agar bersama-sama ikut menjaga situ cagar budaya yang ada di jember. Dan hasilnya sejak tahun 2001, tidak pernah ditemukan lagi pencurian benda bersejarah itu.

Saat ini kata Didik, Jember baru memiliki 18 orang perawat dan penjaga situs-situs benda bersejarah. Meski demikian, ia menilai, jumlah tersebut masih cukup memungkinkan untuk bertugas.

 

(959 views)
Tag: