PPP Akhirnya Kembali Bergabung FKB

PPP akhirnya menerima keputusan kembali bergabung dengan Fraksi Kebangkitan Bangsa. Hal ini disampaikan Ketua DPC PPP Jember Sunardi pasca mengikuti workshop DPRD Jember di Jogja akhir pekan lalu.

Sunardi mengatakan, berdasarkan keterangan Kementerian Dalam Negeri pembentukan fraksi permanen selama 5 tahun. Ini artinya, mau tidak mau PPP harus kembali bergabung dengan FKB. Konsekuensinya, PPP dalam waktu dekat akan segera mencabut surat usulan untuk bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan.

Kembalinya PPP ke FKB ini menurut Sunardi tidak menjadi persoalan. Konflik yang terjadi selama ini dianggap sudah selesai. Meski demikian Sunardi berharap, di awal tahun anggaran nanti FKB bisa memberikan kebijakan, agar 2 orang anggota PPP dirinya dan Samuji Zarkasih tidak sama-sama berada di Komisi B.

Sunardi mengusulkan, Ila Yadalubi yang memiliki background guru bisa berada di Komisi D, Samuji Zarkasih yang memiliki background pendidikan hukum bisa berada di Komisi A, sementara Sunardi sendiri bisa berada di Komisi C. Sebab periode sebelumnya Sunardi sudah pernah menjabat Ketua Komisi B. Untuk saat ini agar tidak menimbulkan konflik, sunardi tidak menargetkan jabatan apapun di komisi.

Diberitakan sebelumnya pasca konflik internal FKB, PPP yang sebelumnya menjadi salah satu bagian dari FKB menyatakan keluar dari FKB, dan mengusulkan untuk bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan. Namun dalam workshop DPRD Jember di Jogja pekan lalu, Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa pembentukan fraksi permanen selama 5 tahun. Artinya baik nama fraksi maupun anggotanya tidak boleh berubah.

Di beberapa daerah pernah terjadi hal serupa, bahkan sudah sempat disahkan dalam paripurna. Tapi Kementerian Dalam Negeri kemudian menganulir perubahan komisi tersebut karena dinilai melanggar undang-undang dan Tatib DPRD.

(897 views)
Tags: