DB Aman, Dinkes Khawatirkan Diare Dan ISPA

Penyakit demam berdarah bisa jadi tahun ini tidak membuat Dinas Kesehatan Jember khawatir. Namun ada beberapa penyakit alin yang mengalami tren peningkatan tajam dan perlu diwaspadai, diantaranya diare, demam typus dan gangguan pernafasan akut.

Menurut Humas Dinas Kesehatan Jember Yumarlis, angka demam berdarah sejak januari hingga april kali ini hanya 47 kasus, dan 8 kasus selama bulan Mei 2011. Berbeda dengan bulan yang sama tahun lalu tercatat kasus demam berdarah hingga mencapai 400 kasus.

Meski demikian lanjut Yumarlis, bahaya penyakit diare, Typus dan infeksi saluran pernafasan akut mengancam di awal musim kemarau kali ini, terutama di daerah yang memiliki debit mata air kecil. Bahkan menurut Yumarlis tanda-tanda peningkatan penyakit diare sudah mulai tampak. Sepanjang januari hingga april kasus diare mencapai 2 Ribu kasus. Sedangkan sepanajng bulan mei saja tercatat hampir mencapai 700 kasus.

Sementara dari pantauan Dinas Kesehatan di beberapa rumah sakit swasta, penyakit typus mengalami peningkatan 15 hingga 20 persen. Dan penyakit gangguan pernafasan meningkat sekitar 40 persen. Gangguan pernafasan lebih banyak mengancam balita, karena daya tahan balita masih sangat lemah menghadapi cuaca berdebu dan berangin seperti saat ini.

(856 views)
Tag: