Akibat Anomali Cuaca, PTPN X Kehilangan Pendapatan 18 Miliar Rupiah

Akibat cuaca buruk selama tahun 2010 lalu, target pendapatan PTPN X meleset. Dari target 20 Miliar Rupiah pada Tahun 2010 lalu, hanya terpenuhi 1,6 Miliar Rupiah. Demikian disampaikan Kepala Divisi Tembakau PTPN X Sugiyanto.

Kepada sejumlah wartawan, Sugiyanto mengatakan, anomali cuaca menjadi faktor terbesar turunnya kualitas serta produktifitas tembakau di bawah naungan milik PTPN X. Praktis target ekspor selama tahun 2010 lalu tidak terpenuhi. Dijelaskan, dari 650 hektar lebih lahan tembakau di bawah naungan, hanya 75 persen yang bisa dipanen. Selebihnya sekitar 25 persen rusak total.

Meski demikian lanjut Sugiyanto, untuk musim tanam Tahun 2011, pihaknya telah mengantisipasi anomali cuaca yang masih terjadi. Diantaranya pemilihan lahan akan lebih selektif, terutama lahan yang tidak memiliki permukaan air tinggi dan akan memperbaiki sistem irigasi lahan.

Ketika disinggung soal target Tahun 2011, menurut Sugiyanto, tidak jauh berbeda dengan tahun 2010 lalu, yakni sekitar 650 hektar. Begitupan dengan target pendapatannya.

(917 views)
Tag: