PDP Tak Masukkan Klausul Mekanisme Pengangkatan Direksi Dalam Raperda

Perusahaan Daerah Perkebunan tidak memasukkan klausul mekanisme pengangkatan jajaran direksi, dengan alasan tidak ingin melanggar Permendagri yang merupakan peraturan lebih tinggi. Demikian disampaikan Direktur Produksi Dan Tehnik PDP Jember, Sudarisman, kepada sejumlah wartawan.

Menurut Sudarisman, memang ada wacana dari beberapa anggota dewan, agar pengangkatan direktur PDP dilakukan melalui mekanisme fit and proper test oleh anggota dewan atau tim independent. Tetapi yang menjadi persoalan lanjut Sudarisman, jika hal ini dilakukan, berarti perda yang akan dibuat nanti melanggar aturan diatasnya.

Sebab dalam Permendagri Tahun 99 menyebutkan, bahwa pengangkatan direktur perusahaan daerah merupakan kewenangan bupati. Sudarisman hanya tidak ingin men-delegitimasi kewenangan bupati sesuai dengan permendagri.

Meski demikian lanjut Sudarisman, bukan berarti pengangkatan direktur perusahaan daerah tidak bisa dilakukan melalui mekanisme fit and proper test. Hanya saja hal tersebut tidak perlu dituangkan dalam perda, cukup melalui peratuaran bupati. Sebab sesuai permendagri, pengangkatan direktur perusahaan daerah merupakan kewenangan bupati. Sehingga tergantung bupati mekanisme apa yang akan dilakukan.

(967 views)
Tag: