Jalan Kaki Keliling 4 Negara Kampanyekan Lingkungan Hidup Dan Bahaya Narkotika

Sudarmin 42 tahun, Warga Jalan Kampung Sawah Kelurahan Jatiwarna Kecamatan Pondok Melati Bekasi, sudah hampir lima tahun berjalan kaki dari rumahnya, untuk melakukan kampanye lingkungan hidup dan bahaya narkoba, kepada seluruh masyarakat.

Berbekal poster, kamera, pakaian kemudian peta, Sudarmin memulai perjalannya sejak tanggal 22 agustus 2006 lalu. Selain akan mengelilingi Indonesia, dia juga akan mengelilingi Malaysia, Singapura Dan Brunai Darussalam dengan misi yang sama.

Kepada Kiss Fm, Sudarmin mengatakan, aksi jalan kaki yang dilakukannya dilatarbelakangi oleh kondisi alam yang semakin rusak, akibat ilegal loging atau penebangan liar, pembukaan lahan baru untuk industri, serta maraknya peredaran narkoba di kalangan generasi penerus bangsa.

Selama perjalanannya, sudarmin mengaku banyak menemukan lahan yang mulai gundul akibat pembukaan lahan baru. Berdasarkan catatannya, hampir 70 persen hutan di  pulau jawa sudah beralih fungsi menjadi lahan perkebunan dan pertanian. Sehingga jangan kaget ketika di musim hujan seperti saat sekarang, terjadi banjir dan tanah longsor.

Sudarmin memprediksikan, perjalanannya di empat Negara, akan memakan waktu kurang lebih 15 tahun. Selama perjalanan lima tahun, sudarmin telah membuat 12 buku, yang isinya catatan tentang kerusakan hutan dan lingkungan hidup, serta peredaran narkoba di kalangan generasi penerus bangsa.

Sudarmin berharap, apa yang ia lakukan akan membuat semua masyarakat sadar, terutama bagi para pejabat, betapa pentingnya kita merawat alam dan menjauhi narkoba dalam kehidupan sehari-hari.

(1.185 views)
Tag: