Kadispendik Himbau Pengawas Unas Tidak Berikan Tekanan Psikologis Terhadap Siswa

Kepala Dinas Pendidikan Jember Ahmad Sudiono instruksikan agar pengawas ujian nasional nanti tidak memberikan tekanan psikologis terhadap siswa peserta unas. Sebab meski tidak dijaga dengan ketat oleh pengawas, kemungkinan siswa saling contek sudah dibatasi oleh soal mereka sendiri.

Menurut Ahmad, sistem ujian nasional tahun ini akan disiapkan 5 paket soal. Sehingga jika dalam kelas ada 20 orang peserta, hanya ada 4 soal yang sama. Itupun tempat duduknya sangat berjauhan, sehingga mustahil bisa saling contek.

Ahmad berharap agar tidak menimbulkan tekanan psikologis terhadap siswa, pengawas hanya diijinkan keliling kelas saat melakukan absensi. Setelah absensi selesai pengawas cukup duduk manis di depan kelas, sambil berdoa agar semua siswa bisa lulus dengan nilai yang baik.

Lebih jauh Ahmad menjelaskan, dari data dinas pendidikan tahun ini ujian nasional akan diikuti oleh sedikitnya 80 ribu siswa. 47 ribu diantaranya merupakan siswa SMP dan SMA, sedangkan sisanya siswa sekolah dasar. Ahmad berharap jumlah peserta unas tahun ini tidak banyak berkurang seperti tahun lalu, dimana banyak Siswa SMP dan SMA absen unas dengan alasan menikah atau melahirkan.

(808 views)
Tag: