Siswa SMP Diduga Menjadi Korban Human Trafficking

I-y, 14 tahun, Warga Desa Kalisat diduga menjadi korban penculikan dan tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking. Sejak satu bulan lalu, i-y di bawa lari oleh k-h yang tak lain adalah paman korban ke Kalimantan, dengan alasan untuk bekerja.

Usai melapor ke Mapolres Jember, ayah korban Edi Hariyanto mengatakan, sekitar satu bulan lalu, anaknya di bawa pergi k-h ke Kalimantan, tanpa ijin dan sepengetahuanya. Anaknya dibawa pergi saat sedang pergi ke sekolah. Edi berharap, agar k-h segera di tangkap dan ditindak dengan aturan yang ada, karena dia telah membawa kabur anaknya.

Sementara Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia Jember, Ahmad Mufti yang mendampingi ayah korban mengatakan, apa yang dilakukan oleh k-h telah memenuhi unsur perdagangan orang atau human traficiking, karena menurut keterangan dari orang tua korban, k-h telah merencanakannya sejak lama.

Mufti menambahkan, k-h juga bisa dijerat dengan undang-undang perlindungan anak, karena yang bersangkutan mempekerjakan anak di bawah umur. Berdasarkan catatan SBMI Jember, selama tahun 2011 kasus yang dialami i-y merupakan kasus yang pertama kali.

Sementara Kasatreskrim Polres Jember AKP Kusworo Wibowo mengaku akan segera menindaklanjuti laporan tersebut, dan akan menerjunkan anggotanya untuk meminta keterangan dari pihak terkait.

(887 views)
Tags: