Hakim Kembalikan Berkas Penggugat Class Action

Meski Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran 2011 telah disahkan, sidang gugatan class action terhadap 29 Anggota Dprd Jember terus berjalan.

Kamis siang, Majelis Hakim yang diketuai Adi Hernomo Yulianto, mengembalikan berkas-berkas pendukung materi gugatan yang diajukan penggugat. Hakim menilai, berkas yang diserahkan penggugat kurang memenuhi persyaratan.

Dalam berkas tersebut yang bertanda tangan hanya mohammad tamrin, padahal jumlah penggugat ada enam orang. Pada persidangan hakim juga masih memberikan arahan kepada penggugat, agar keterwakilan kelompok harus terpenuhi. Sesuai Peraturan Mahkamah Agung, dalam gugatan class action harus ada keterwakilan kelompok masyarakat yang dirugikan akibat sebuah kebijakan.

Sementara salah satu penggugat, Edi Purwanto atau yang akrab disapa edi black, tetap mengklaim dirinya dan ke enam rekannya mewakili 2,1 juta masyarkat jember. Sebab keterlambatan pengesahan apbd membawa efek yang besar terhadap masyarakat jember, salah satunya terhadap dunia pendidikan.

Dia mencontohkan, akibat keterlambatan itu, Dana BOS tak bisa segera dicairkan. Padahal dalam waktu dekat ujian nasional akan segera digelar. Sehingga saat ini sekolah kebingungan mencari dana untuk biaya operasional.

Pantauan Kiss Fm di lapangan, majelis hakim masih memberikan waktu kepada penggugat untuk memperbaiki berkasnya. Sidang akan kembali digelar pada kamis pekan depan. sidang gugatan itu hanya dihadiri tiga penggugat.

(894 views)
Tags: