Wabup Non Aktif Kusen Andalas Divonis Bebas

Setelah sempat tertunda dua kali, sidang putusan kasus dugaan korupsi dana operasional Pimpinan DPRD Jember, dengan terdakwa Wakil Bupati Non Aktif Kusen Andalas, kamis pagi akhirnya digelar.

Dalam putusannya,  majelis hakim yang diketuai Prio Utomo, membebaskan terdakwa kusen andalas dari semua dakwaan jaksa penuntut umum baik primer maupun subsider. Majelis menilai, Kusen tidak terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan jaksa. Kemudian tidak ditemukan bukti jika terdakwa telah melakukan upaya untuk memperkaya diri sendiri atau pihak lain.  Untuk itu majelis hakim memutus bebas kusen serta merehabilitasi nama baiknya, dan memulihkan kedudukan serta harkat dan martabatnya.

Saat mendengar vonis bebas, terdakwa Kusen Andalas langsung melakukan sujud syukur di ruang pengadilan utama, dan memanjatkan doa atas vonis bebas itu. Begitupun dengan ratusan pendukungnya, langsung meneriakkan takbir dan kata merdeka menyambut vonis bebas kusen.

Penasehat Hukum Kusen Andalas, Ahmad Holili menilai sudah semestinya kliennya divonis bebas oleh majelis hakim. Karena sejak awal jaksa tidak bisa membuktikan terdakwa bersalah di depan persidangan. Apalagi tidak ada satupun keterangan saksi yang memberatkan terdakwa. Holili tetap optimis meskipun nantinya jaksa akan mengajukan kasasi, kliennya tetap akan divonis bebas oleh mahkamah agung.

Sementara tim jaksa penuntut umum mengaku masih fikir-fikir atas putusan bebas itu. JPU masih akan mendiskusikan putusan bebas itu, apakah akan mengajukan kasasi atau tidak.

Pantauan Kiss Fm di lapangan, sidang putusan Kusen Andalas mendapat pengamanan yang cukup ketat dari kepolisian. Polres Jember menurunkan 750 personil ditambah 90 personil dari Satbrimob Polda Jatim.

(1,045 views)
Tags: