Tri Wulan Pertama, Dana BOS Senilai 129 Milyar Rupiah Belum Cair

Hingga triwulan pertama Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Kabupaten Jember senilai 129 milyar rupiah belum juga cair. Padahal tanggal 20 maret mendatang, seluruh sekolah sudah harus menyelenggarakan ujian sekolah. Hal ini terungkap dalam hearing antara Dinas Pendidikan Dan Komisi D DPRD Jember Rabu siang.

Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Sudiono mengakui, akibat tidak segera turunnya dana BOS ini, pihak sekolah harus bisa memutar otak untuk mencari pinjaman. Salah satunya banyak guru-guru yang terpaksa menggadaikan BPKB kendaraan pribadinya. Bahkan beberapa kepala sekolah sudah melaporkan langsung persoalan ini kepada Komisi D DPRD Jember.

Keterlambatan pencairan dana bos menurut Ahmad, hanya karena aturan keuangan daerah. Pemerintah daerah harus menyikapi dana dari pusat ini dengan hati-hati, agar tidak menimbulkan kebijakan yang berdampak hokum. Meski demikian, Ahmad mengaku sudah mengusulkan kepada Pj Bupati, sekkab dan juga tim anggaran, agar pencairan dana bos disa dipercepat. Sebab berdasarkan hasil rapat koordinasi dana apapun yang sudah ditetapkan di pusat, bisa dicairkan tanpa menunggu APBD.

Bahkan lanjut Ahmad, Pj Bupati sangat serius melakukan percepatan pencairan dana bos. Salah satunya Pj Bupati berjanji akan mengawal sendiri percepatan pencairan dana bos ke Surabaya. Sebab seperti halnya Pemkot Surabaya, meski apbd belum ditetapkan dana bos tetap bisa dicairkan terlebih dahulu.

Sementara Anggota Komisi D Dprd Jember usai hearuing berencana langsung bersilaturahmi ke pj bupati, untuk mendesak segera dilakukannya perpecapatn pencairan dana bos. Namun ketika dikoordinasikan dengan ajudan, Pj Bupati masih berada di surabaya sehingga direncanakan kamis pagi komisi d akan menghadap bupati.

Ketua Komisi D Ayub Junaedi berharap, dana bos setidaknya harus bisa dicairkan dalam minggu-minggu ini. Sebab tanggal 20 maret mendatang sekolah sudah harus menyelenggarakan ujian, dimana anggaran yang digunakan juga berasal dari dana bos. Sehingga ketika dana bos tidak segera cair dipastikan seluruh sekolah di jember akan mengalami kesulirtan anggaran.

(1.029 views)
Tag: