FKB Minta Pj Bupati Evaluasi Kinerja Kepala SKPD

Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jember dalam pandangan umum fraksinya meminta Pj Bupati melakukan evaluasi untuk melakukan mutasi kepala SKPD. Sementara Pj Bupati berjanji menindaklanjuti usulan tersebut untuk disampaikan kepada gubernur.

Juru Bicara Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jember Mohammad Hafidi dalam Sidang Paripurna Pembahasan APBD 2011 Kamis siang menyebutkan, Pj Bupati Jember harus segera melakukan evaluasi terhadap kepala SKPD, yang dinilai sudah terlalu lama menempati jabatan tersebut.

FKB berpendapat, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kejenuhan. Meski demikian mutasi tetap harus melalui prosedur yang benar dengan mempertimbangkan profesionalitas. Diharapkan dengan dilakukannya mutasi di jajaran Pemkab Jember, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal dibanding sebelumnya.

Sementara Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih ketika dikonfirmasi usai sidang paripurna mengatakan, mutasi merupakan hal yang wajar dikalangan eksekutif. Meski dirinya hanya sebagai Pj Bupati, bukan berarti dirinya tidak bisa melakukan mutasi.

Zarkasih juga mengaku sudah menerima laporan dari Kepala BKD, bahwa saat ini di Jember ada sedikitnya 40 jabatan kosong. Himbauan FKB akan sekaligus disampaikan kepada gubernur dalam waktu secepatnya. Sebab sesuai prosedur, Pj Bupati bisa melakukan mutasi atas seijin gubernur.

Selain menghimbau dilakukannya mutasi pejabat, FKB juga menyoroti sejumlah anggaran yang dinilai tidak rasional. Anggaran untuk dinas koperasi misalnya, hanya setengah dari badan pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana. Ini membuktikan bahwa alokasi anggaran yang diberikan kurang berpihak kepada rakyat. Sebab sudah jelas koperasi bersentuhan langsung dengan rakyat, dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat.

(719 views)
Tags: