Koalisi LSM Anti Korupsi Tuntut Percepatan Penuntasan Kasus Korupsi Di Jember

16 Koalisi LSM Anti Korupsi Jember, Rabu siang, kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Kejaksaan Negeri Jember. Seperti aksi sebelumnya, mereka menuntut kejaksaan untuk segera menuntaskan kasus-kasus korupsi di Jember.

Menurut salah satu aktifis LSM, Heru Nugroho, aksi yang digelar hari ini merupakan tindak lanjut aksi Jumat kemarin. Pihaknya mendesak jaksa agung untuk menindaktegas oknum jaksa nakal yang kongkalikong dengan para pejabat.

Selain itu, koalisi LSM juga menuntut agar semua kasus Korupsi Jember, yang ditangani Kejaksaan Agung maupun Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, untuk segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jember agar bisa ditindaklanjuti.

Perwakilan demonstran ditemui langsung Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Wilhelmus Lingitubun di Aula Kejari Jember. Pada saat audiensi dengan kejari, banyak kasus korupsi yang kembali diungkap aktifis lsm, seperti kasus dugaan korupsi sewa pesawat, bedah rumah, kredit usaha tani, perpustakaan keliling, lapangan tembak, tukar guling tanah brigif 9, dan kasus dugaan pemotongan anggaran di bappekab.

Menurut Kajari Jember, Lingitibun, pada dasarnya pihaknya tetap berkomitmen untuk menuntaskan kasus korupsi yang ada di jember. Dia juga berjanji akan mengirimkan tuntutan aktifis lsm ke atasannya, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Bahkan dalam satu dua hari ke depan, Lingitubun siap datang ke Kajati Jawa Timur untuk berkoordinasi terkait kasus-kasus korupsi di Jember.

Namun kata Lingitubun, ketika kasus tersebut masih ada di tangan kejagung maupun kejati, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa, karena bukan wilayahnya. Hanya ketika dilimpahkan ke Kejari Jember, seperti kasus dugaan pemotongan anggaran di bappekab, pihaknya akan langsung menindaklanjutinya.

Pantauan Kiss FM di lapangan, pada saat audiensi, Kajari Jember ditemani Kasipidsus Kliwon Sugiyanta, dan Kasi Intelejen sigit prabowo. Setelah mendapat jawaban dari kajari, perwakilan demonstran membubarkan diri dengan tertib.

(1.042 views)
Tag: