BK Rekomendasikan Pimpinan Segera Lanjutkan Pembahasan APBD

Setelah sempat tertunda akibat adanya salah satu anggota yang melakukan aksi walkout, Badan Kehormatan DPRD Jember kamis siang akhirnya memutuskan layak tidaknya laporan 4 fraksi pendukung terhadap Pimpinan DPRD Jember untuk ditindaklanjuti.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Jember Yantit Budihartono mengungkapkan, Kamis siang, BK berhasil memperoleh kata sepakat dalam pengambilan keputusan. Keputusan tersebut menurut Yantit sudah diserahkan kepada pimpinan melalui Wakil Ketua DPRD Jember Lukman Winarno, karena Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf sedang tidak berada ditempat.

Sayangnya Yantit menolak menyebutkan apa hasil keputusan BK tersebut, karena Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf belum menerimanya secara langsung. Yantit yakin Pimpinan DPRD akan menjelaskan kepada publik putusan BK tersebut. Pada prinsipnya lanjut Yantit, dalam persoalan ini tidak ada yang perdi disalahkan dan dibenarkan. Semua keputusan dilakukan secara politis untuk kepentingan rakyat.

Sementara Anggota Badan Kehormatan DPRD Jember Ayub Junaedi memberikan penjelasan sedikit lebih terang. Menurut Ayub, BK menilai tidak ada pihak baik terlapor maupun pelapor yang melanggar Kode Etik DPRD Jember. Sehingga dengan kesimpulan tersebut, BK tidak akan menindaklanjuti lebih jauh atas laporan yang diajukan oleh 4 fraksi pendukung.

Selain itu lanjut Ayub, ada beberapa point saran dan masukan dari badan kehormatan untuk dilaksanakan oleh pimpinan. Salah satunya karena sebelumnya BK merekomendasikan kepada pimpinan untuk menghentikan semua kegiatan sidang DPRD Jember sampai proses ini selesai, dengan diperolehnya kesimpulan kamis siang, BK merekomendasikan kepada pimpinan untuk segera melanjutkan rangkaian sidang pembahasan APBD.

Lebih jauh Ayub menerangkan, bk hanya membahas tentang tanda tangan pimpinan dalam pertemuan dengan gubernur beberapa waktu lalu. Mengenai apakah pengangkatan Pj Bupati Jember sah atau tidak bukan menjadi kewenangan BK. Yang jelas lanjut Ayub, Pimpinan DPRD harus segera melanjutkan pembahasan APBD. Jika kemudian fraksi pendukung sebagai pelapor ternyata masih menolak hadir, itu menjadi urusan lain lagi. Yang jelas dengan dilanjutkannya pembahasan APBD, laporan dari forum lsm terhadap 29 anggota dewan secara otomatis gugur dengan sendirinya.

(786 views)
Tag: