Tahun 2012 Guru Penerima TPP Akan Dievaluasi

Mulai tahun 2012 pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap guru penerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) 2 tahun sekali. Ketika dinilai guru yang telah lolos sertifikasi tidak memenuhi kriteria professional, pemerintah akan mencabut TPP yang selama ini diberikan. Demikian disampaikan Direktur Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Propinsi Jawa Timur, Salamun, di Aula Dinas Pendidikan Jember Senin siang.

Menurut Salamun, sesuai instruksi presiden dan keputusan menteri pendidikan, guru yang sudah dinyatakan lolos sertifikasi wajib meningkatkan profesionalitasnya dalam mengajar. Evaluasi akan dilakukan 2 tahun sekali mulai tahun 2012 mendatang, yang akan dilakukan oleh tim penilai dengan di ketuai kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota.

Banyak sekali indikator yang menjadi penilaian. Salah satunya guru penerima TPP harus mampu mengumpulkan 3 kredit point dalam kurun waktu satu tahun. Satu kredit point setara dengan 80 jam pelajaran. Artinya minimal dalam satu tahun guru telah mengikuti pelatihan selama 24 hari. Tidak ada keharusan bagi guru untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh LPMP. Tetapi sejauh ini, baru LPMP yang terakreditasi secara nasional.

Lebih jauh Salamun menerangkan, Kabupaten Jember merupakan pilot project pelatihan yang dilakukan LPMP Jawa Timur. Selain Jember, ada 6 kabupaten lain di Jawa Timur yang sudah menjalin kerjasama dengan LPMP, diantaranya Sidoarjo, Malang dan Nganjuk. Untuk tahap awal LPMP akan mencetak tenaga ahli di masing-masing kabupaten dan kota, yang tediri dari kepala sekolah, pengawas atau guru berprestasi. Sebab dalam pelaksanaannya nanti, guru peserta pelatihan akan di dampingi satu orang mentor untuk dibimbing sampai bisa.

(1.166 views)
Tag: