Tahun 2011, Disnakertrans Jember Memperkirakan Angka PHI Akan Turun

Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Jember memperkirakan, pada Tahun 2011 angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat bangkrutnya usaha akan menurun jika dibandingkan dengan tahun 2010 lalu. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Perselisihan Hubungan Industrial Disnakertrans Jember, Tri Budi Utami.

Menurutnya, penurunan tersebut tidak terlepas dari membaiknya situasi pertumbuhan Perekonomian Jember. Berdasarkan catatan Disnakertrans Jember, selama tahun 2009 terdapat 49 kasus Perselisihan Hubungan Industrial (PHI)

Utami menambahkan, dari 49 kasus tersebut, 10 kasus diantaranya disebabkan penutupan usaha yang menyebabkan sedikitnya 139 orang kehilangan pekerjaan, 5 kasus pensiun dan 33 kasus akibat kesalahan tenaga kerja.

Lebih lanjut Utami menjelaskan, untuk 2010 berdasarkan catatan Disnakertrans Jember, sedikitnya ada 41 kasus PHI yang didominasi oleh kesalahan tenaga kerja. Dia optimis, untuk tahun 2011 jumlah angka PHI akan turun, itu dikarenakan pertumbuhan ekonomi semakin membaik.

(939 views)
Tags: