Sepanjang 2010 PMI Tangani 40 Bencana Alam Di Kabupaten Jember

Sepanjang Tahun 2010, Palang Merah Indonesia Cabang Jember sudah menangani sedikitnya 40 bencana alam. Dimana peristiwa bencana alam putting beliung dan tanah longsor, merupakan bencana yang selama ini mendominasi di Kabupaten Jember.

Hal ini disampaikan ketua pmi cabang jember Sandy Suwardi Hasan, di sela-sela pelaksanaan rapat kerja PMI Cabang Jember tahun 2011 rabu siang. Menurut Sandi, pihaknya sudah berupaya melakukan respon sebaik mungkin dalam tanggap darurat bencana di Kabupaten Jember.

Mulai dari bantuan logistik hingga pertolongan pertama terhadap korban sudah dilakukan secara maksimal. Karena tugas PMI hanya melakukan pertolongan pertama, tahap selanjutnya akan diambil alih oleh satlak penanggulangan bencana dan rumah sakit terdekat.

Lebih jauh Sandi menerangkan, selain melakukan bantuan terhadap bencana alam yang terjadi dalam skala kabupaten, pihaknya juga telah melakaukan pengiriman tenaga relawan untuk bencana alam merapi dan bromo dalam koordinasi PMI Provinsi Jawa Timur.

Untuk bencana merapi PMI Cabang Jember mengirimkan 20 orang relawan, sementara untuk bencana gunung bromo dikirimkan sedikitnya 125 orang relawan, yang terdiri dari siswa-siswi yang tergabung dalam palang merah remaja beserta beberapa guru pembina/ dan juga KSR yang dimiliki oleh PMI Cabang Jember.

(1.218 views)
Tag: