7 Ribu Hektar Sawah Di Jember Terserang Hama

Sepanjang tahun 2010 sedikitnya 7 ribu hektar sawah di kabupaten Jember terserang hama penyakit. Berdasarkan data dinas pertanian, jumlah tersebut meningkat 53 persen dibanding luas lahan terserang hama pada tahun 2009 lalu.

Kepala Dinas Pertanian Jember Hari Wijayadi menerangkan, wereng coklat merupakan hama yang paling banyak menyerang sawah petani. Kemudian juga ada hama tikus, penyakit kresek, blast dan tungro. Tetapi yang paling banyak menyerang sawah petani saat ini hama tikus terutama di daerah Puger, Kencong Dan Rambipuji.

Menurut Hari lonjakan luas sawah yang terserang hama merupakan akibat ketidakjelasan iklim selama ini. Perubahan iklim seperti saat ini sudah terjadi sejak tahun 2008 lalu dimana saat itu terjadi lonjakan kenaikan luas lahan yang terserang hama hingga 87 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pemerintah lanjut Hari, saat ini menggalakkan penyuluhan agar petani mampu melakukan pengendalian terhadap hama yang mengancam sawah mereka. Pemerintah daerah sendiri menargetkan panen raya tahun ini setidaknya sama dengan panen tahun lalu sebanyak 800 ribu ton.

Sementara kepala bidang produksi tanaman pangan dinas pertanian Jember Abdul Halim mengatakan, saat ini pihaknya memiliki cadangan seribu liter pestisida cair dan seribu kilogram dalam bentuk bubuk.  Meski pemerintah memiliki persediaan obat untuk pengendalian hama, Halim berharap kepada kepala unit tehnis pertanian di kecamatan untuk menjalin kerjasama dengan pihak swasta. Sebab jika hanya mengandalkan persedian obat-obatan dari pemerintah, tentu tidak akan mampu mencukupi kebutuhan semua petani.

(1.074 views)
Tag: