Wacana Pergantian Direksi PDP

Polemik penurunan pendapatan yang terjadi di Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP), akhirnya membuat Bupati Jember Mza Djalal angkat bicara. Menurut Djalal, dalam waktu dekat dirinya sebagai penanggung jawab akan melakukan evaluasi menyeluruh di tubuh PDP. Terkait persoalan tersebut, mungkinkah evaluasi tersebut akan mengarah kepada penggantian jajaran direksi PDP? Kemudian bagaimana pula pendapat dewan terkait kemungkinan terjadinya pergantian direksi PDP?

Seperti diketahui penurunan pendapatan di PDP menjadi sorotan tajam dewan maupun masyarakat. Sebab pada tahun 2010 PDP ditargetkan menyumbang pendapatan sebesar 12,5 miliar rupiah, namun hingga hari ini baru tercapai 7,5 miliar rupiah.

Menurut Bupati Jember Mza Djalal, PDP Merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh Jember. Dilihat dari wilayah pengelolaannya saja, PDP memiliki aset yang cukup banyak dan sangat potensial seperti kayu tanaman kopi dan karet.

Untuk itulah perlu sangat hati-hati dalam pengelolaan aset PDP tersebut. Jika sampai salah pengelolannya, maka seorang bupati, dewan ataupun direksi PDP bisa terseret ke ranah hokum. Ketika ditanya soal reformasi di tubuh PDP, Djalal terlihat enggan menjawabnya. Djalal mempersilahkan mengkonfirmasikan kepada sekretaris daerah (sekda).

Sekretaris Daerah Pemkab Jember Sugiarto mengatakan, pada prinsipnya jika memang masa jabatan direksi PDP telah berakhir, maka pemkab akan segera melakukan pergantian.

Namun demikian Sugiarto belum bisa memastikan kapan masa berakhirnya jabatan direksi PDP. Dia mengaku akan melihat kembali sk dari bupati terkait masa jabatan tersebut. Ketika disinggung soal kemungkinan pergantian dalam waktu dekat, menurut Sugiarto, hal tersebut kewenangan penuh bupati sebab penanggung jawab sekaligus owner PDP adalah bupati jember.

Terkait mekanisme penentuan calon direksi PDP, menurut sugiarto, hal tersebut menjadi sepenuhnya hak bupati. Tim anggaran dan baperjakat sifatnya hanya memberikan masukan kepada bupati.

Sementara Ketua FKB DPRD Jember Ayub Junaidi mengatakan, sebenarnya kepemimpinan Syafril Jaya di PDP telah membawa perubahan yang cukup signifikan. Terbukti kata dia, setiap tahun pendapatan asli daerah dari PDP selalu meningkat.

Ayub menduga, penurunan pendapatan PDP yang terjadi tahun ini/ dikarenakan oknum tak bertanggung jawab, yang ingin meraup keuntungan untuk kepentingan pribadi.

Terkait pergantian jajaran direksi PDP, menurut Ayub, jika memang masa jabatannya telah berakhir, maka bupati sebagai owner harus segera melakukan pergantian.

Ayub menambahkan, jika memang dalam waktu dekat akan terjadi pergantian di jajaran direksi PDP, dirinya hanya bisa menyarankan agar orang yang dipilih nantinya, benar-benar profesional dan sesuai dengan keahliannya. Sebab lanjut Sekretaris Komisi C itu, PDP merupakan aset berharga bagi masyarkaat jember. Jadi sudah selayaknya aset tersebut di rawat dengan baik.

(1,016 views)
Tags: